Jangan Sering Anggap Remeh Hal Berikut Jika Tidak Ingin gigi Berlubang


Gigi berlubang alias karies (cavities) adalah satu diantara demikian permasalahan kesehatan yang paling umum di dunia. Siapa juga dapat punyai gigi yang berlubang, entahlah itu bayi, beberapa anak, orang dewasa, sampai lanjut usia. Banyak orang mungkin menduga cuma mulut kotorlah pemicu dari gigi berlubang. Kenyataannya, ada banyak hal yang dapat mengakibatkan gigi berlubang. 

Terdapat beberapa pemicu gigi berlubang. Dari mulai rutinitas Anda seharian sampai keadaan medis yang lebih serius. 

Pada umumnya, faktor-faktor pemicu gigi berlubang salah satunya: 

1. Jarang-jarang menggosok gigi 

Mulut serta gigi yang kotor adalah pemicu penting munculnya plak. Tidak hanya di permukaan gigi, plak dapat tercipta di antara gigi serta dibawah garis gusi. 

Tiap hari plak selalu tercipta bila Anda tidak rajin gosok gigi. Plak selanjutnya membusuk jika dibiarkan terus menumpuk. Mengakibatkan, gigi Anda semakin lebih beresiko berlubang. 

Oleh karenanya, penting buat Anda untuk menjaga kebersihan gigi serta mulut tiap hari. Sikatlah gigi Anda 2x satu hari, saat pagi sesudah sarapan serta malam hari sebelum tidur. Tetapi, yakinkan Anda mengerjakannya dengan tehnik menggosok gigi yang benar, ya! 

Sikatlah gigi dengan pergerakan memutar dengan perlahan-lahan serta lembut. Jangan menggosok begitu kencang sebab akan malah mengakibatkan kerusakan susunan enamel gigi. 

2. Minuman dan makanan manis 

Semua yang manis-manis memang nikmat serta merayu. Tetapi, tahukah Anda jika minuman dan makanan manis adalah pemicu gigi berlubang? Ya, ini sebab minuman dan makanan manis ialah makanan lezat buat beberapa bakteri di mulut. 

Bakteri-bakteri ini akan menggerogoti sisa-sisa gula yang melekat di permukaan gigi serta membuahkan asam. Asam ini akan bersatu dengan air liur yang selanjutnya membuat plak di permukaan gigi. Plak yang dibiarkan menumpuk akan mengurangi susunan enamel gigi sampai semakin lama mengakibatkan lubang. 

Lubang yang sebelumnya kecil bisa melebar sampai ke susunan dalam gigi (dentin) serta bahkan juga sampai ke pulpa. Pulpa ialah sisi terdalam gigi yang dipenuhi dengan saraf serta pembuluh darah. Jika lubang telah sampai sisi ini, karena itu Anda akan rasakan sensasi ngilu mengagumkan. Bahkan juga, gigi akan berasa sakit saat digunakan kunyah makanan. 

Anda tidak butuh setop minuman dan makanan manis benar-benar sebab badan masih memerlukan gula jadi daya. Anda perlu batasi bagian serta frekwensi konsumsi makanan manis tiap hari. 

Yakinkan Anda pun rajin bersihkan gigi serta mulut secara baik setelah makan yang manis-manis. Dengan demikian, Anda akan terlepas dari penimbunan plak pemicu gigi berlubang. 

3. Tidak bersihkan gigi dengan benang 

Kenyataannya, teratur menggosok gigi saja kurang untuk bersihkan gigi. Anda butuh meneruskannya dengan memakai benang gigi (flossing). 

Plak pemicu gigi berlubang terbanyak menumpuk di antara gigi. Nah, benang gigi efisien bersihkan antara gigi yang susah dicapai dengan bulu sikat gigi. 

Lihat langkah Anda flossing. Masukan benang ke celah gigi serta gesekkan dengan berhati-hati. Menarik serta menggesek benang begitu keras justru bisa melukai gusi. 

4. Mulut kering 

Tahukah Anda jika mulut kering dapat juga jadi pemicu gigi berlubang? Produksi air liur yang dikit bisa mengakibatkan mulut kering. Walau sebenarnya, air liur penting untuk jaga kelembaban mulut sekaligus juga bersihkan sisa-sisa makanan serta plak dari gigi. 

Senyawa di air liur menolong menantang asam yang dibuat oleh bakteri. Itu penyebabnya, mulut yang kering bisa tingkatkan efek permasalahan mulut, dari mulai gigi peka, gigi berlubang, dan lain-lain. 

Satu diantara langkah efisien untuk menahan mulut kering ialah dengan beberapa minum air putih. Sebetulnya tidak ada jumlahnya tentu berapakah banyak air yang perlu Anda minum tiap hari. Keperluan cairan tiap orang mungkin berlainan, bergantung dari umur serta kegiatan mereka seharian. 

Tetapi, beberapa pakar menyarankan tiap orang untuk selekasnya minum setiap saat merasakan haus. Haus adalah signal alami yang ditampilkan badan saat Anda alami dehidrasi. 

Sebagian orang mungkin malas minum air putih sebab tidak senang dengan rasa-rasanya tawar. Jika Anda diantaranya, Anda dapat mengakali dengan memberikan tambahan potongan buah-buahan fresh. Tidak hanya lebih sehat, langkah berikut efisien membuat Anda semakin banyak minum air putih. 

5. Unsur umur 

Beberapa anak serta lanjut usia ialah barisan orang yang paling tenggang alami gigi berlubang. Pada lanjut usia, proses metabolisme badan condong akan melambat bersamaan umur makin bertambah. Ini membuat orang lansia (lanjut usia) lebih beresiko alami beberapa permasalahan kesehatan, terhitung gigi berlubang. 

Beberapa obat yang sedang diminum dengan teratur oleh lanjut usia dapat juga menghalangi produksi air liur serta mengakibatkan mulut. Belum juga dampak pola hidup selama saat muda, seperti merokok serta seringkali minum alkohol, yang dapat menyebabkan kehancuran gigi di umur tua. 

Sesaat pada beberapa anak, di umur ini mereka sedang gemar-gemarnya konsumsi makanan manis. Entahlah itu es cream, permen, cokelat, kue, atau minuman manis. Sayangnya, hoby mereka makan manis seringkali tidak diimbangi dengan perawatan gigi yang baik. Mengakibatkan, beberapa anak juga lebih rawan alami kehancuran gigi di umur awal. 

Peranan orang-tua benar-benar diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut beberapa anak. Semenjak awal, yakinkan beberapa anak telah di ajarkan langkah menjaga gigi secara benar. Janganlah lupa, ajak anak teratur kontrol ke dokter gigi semenjak gigi susu pertamanya ada. 

6. Tempat gigi 

Pemicu munculnya lubang yang mungkin tidak Anda sudah pernah kira ialah tempat gigi. Dalam banyak masalah, lubang seringkali tercipta pada gigi sisi belakang, yakni geraham serta premolar. 

Gigi sisi belakang mempunyai banyak jalur serta sela hingga seringkali tersisa makanan terlibat disana. Selain itu, ruang gigi belakang condong lebih susah dicapai oleh sikat gigi. Walau Anda rajin menggosok gigi tiap hari, belum pasti sisi belakang gigi ini tersikat dengan bersih. 

Supaya semua pelosok gigi Anda terjamin bersih, rajinlah periksa ke dokter gigi untuk bersihkan plak serta karang gigi dengan teratur. Umumnya dokter menyarankan pembersihan plak serta karang gigi dengan cara scaling tiap 6 bulan sekali. Mekanisme ini efisien bersihkan plak pemicu gigi berlubang sampai ke sisi gigi yang susah dicapai sikat gigi. 

7. Tidur dengan botol susu 

Anak kecil benar-benar gampang sekali tertidur saat nge-dot atau menyusu ASI. Tetapi, rutinitas satu ini malah bisa mengakibatkan kerusakan gigi si kecil yang barusan tumbuh, lho! 

Gula dalam susu bisa melekat di gigi bayi untuk waktu yang lama. Gula ini selanjutnya akan dirubah jadi asam oleh bakteri yang ada di mulut. Permukaan gigi yang terus menerus terkena asam semakin lama akan terkikis serta berlubang. 

Agar bayi Anda terlepas dari efek ini, telatenlah untuk mengusap gusi serta gigi si kecil sesudah mereka minum susu. Yakinkan Anda bersihkan gigi serta gusi si kecil sebelum dia tertidur. 

8. Penyakit tersendiri 

Orang yang punyai kisah penyakit asam lambung seperti GERD beresiko tinggi alami kehancuran gigi. GERD (refluks asam lambung) mengakibatkan asam lambung seringkali mengalir naik ke kerongkongan sampai mulut. 

Nah, kombinasi asam lambung dengan asam yang dibuat bakteri di mulut bisa mengurangi enamel serta dentin. Jika dibiarkan terus, keadaan ini bisa mengakibatkan gigi peka serta semakin lama berlubang. 

Penyakit anoreksia serta bulimia dapat juga jadi pemicu gigi Anda berlubang. Ke-2 penyakit ini merubah produksi air liur di mulut. Ini sangat mungkin Anda alami mulut kering sebagai penyebab gigi berlubang.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sering Anggap Remeh Hal Berikut Jika Tidak Ingin gigi Berlubang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel