5 Tips Meringankan Pilek Pada Anak


Meskipun pilek dapat pulih dengan sendirinya, ada banyak hal yang dapat Ibu kerjakan untuk kurangi keluhan yang dirasa Si Kecil serta membuat merasakan bertambah nyaman. 

Tidak hanya mandi dengan air hangat, di bawah ini ialah cara-cara yang dapat juga dikerjakan untuk memudahkan tanda-tanda pilek pada anak: 

1. Pastikan anak cukup tidur serta istirahat 

Tidur yang berkualitas bisa menguatkan skema kebal badan untuk menantang virus pemicu pilek. Ibu dapat menidurkan Si Kecil lebih dini, serta meliburkannya dari sekolah supaya dia dapat beristirahat keseluruhan di dalam rumah. Hal ini bermanfaat untuk menahan penyebaran pilek ke beberapa anak lain di sekolah. 

Untuk menolong Si Kecil tidur lebih pulas, Ibu dapat memandikannya terlebih dulu dengan air hangat. 

2. Memoleskan balsem bayi pada badan anak 

Pilih balsem bayi yang memiliki kandungan beberapa bahan alami, seperti ekstrak chamomile serta minyak eucalyptus, yang diakui efisien menurunkan hidung terhalang. Ekstrak chamomile pada balsem bayi mempunyai dampak menentramkan. Dengan demikian, Si Kecil dapat tidur lebih pulas. 

Semestinya pakai balsem bayi yang aromanya tidak kuat, sebab malah bisa membuat Si Kecil sulit tidur. Berikan balsem bayi sesudah mandi atau sebelum tidur, di tiga anggota badan, yakni dada, leher, serta punggung. Untuk menghindarkan dampak yang tidak diharapkan, pakai balsem bayi sesuai dengan panduan penggunaan yang tercantum pada paket. 

3. Memberi sup ayam hangat pada anak 

Buat beberapa anak yang berumur 6 bulan ke atas, memberi sup ayam hangat bisa jadi langkah yang efisien untuk menurunkan keluhan pilek, terutamanya hidung terhalang. Tidak hanya sup ayam, teh hangat yang digabung madu atau jahe dapat juga memberi dampak yang sama dalam menurunkan pilek. 

4. Mengendalikan tempat anak 

Berbaring dengan tempat kepala tambah tinggi dibanding tubuh atau duduk bertumpu dapat membuat Si Kecil lebih lega waktu bernapas. Tempat ini bisa memudahkan keluhan hidung terhalang, hingga Si Kecil dapat beristirahat dengan nyaman serta tidur lebih pulas. 

5. Menjauhi anak dari paparan polusi 

Paparan polusi, seperti asap rokok, pewangi, serta debu, bisa mengakibatkan iritasi atau alergi pada hidung anak. Supaya Si Kecil bertambah cepat pulih dari pilek, jauhkan dia dari paparan beberapa polusi itu. Untuk jaga kualitas serta kelembaban udara di ruang, Ibu dapat memakai alat pelembap udara atau humidifier. 

Jika pilek tidak segera pulih sesudah dua minggu, atau jika dibarengi demam tinggi serta keluhan lain, seperti ngilu dada, ngilu perut, sesak napas, kurang nafsu makan, serta lesu, cepatlah kontrol Si Kecil ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Meringankan Pilek Pada Anak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel