Kedelai Cemilan yang Baik Sebelum Olahraga, Berikut Manfaatnya


Sebelum olahraga, Anda membutuhkan nutrisi seperti protein, untuk memberi stamina sepanjang melakukan aktivitas berat. Nah, jika Anda merasakan daging, ikan, atau telur begitu berat untuk dikonsumsi sebelum olahraga, Anda dapat menggantinya dengan makanan ringan kedelai. Apa faedah ngemil kedelai sebelum olahraga? Baca penjelasannya di sini! 

1. Menolong membakar lemak semakin banyak 

Kedelai adalah makanan yang rendah nilai indeks glikemiknya. Indeks glikemik (IG) sendiri ialah nilai yang mengukur sebegitu cepat karbohidrat dari makanan dirubah jadi gula pada tubuh. Menurut riset dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2013, makan makanan ringan dengan nilai IG rendah sebelum olahraga dapat mendukung pembakaran lemak lebih efisien. 

Ini sebab waktu olahraga, badan memperoleh daya hasil dari oksidasi karbohidrat dan lemak. Nah, makan cemilan rendah IG dapat mengoptimalkan oksidasi lemak, hingga lemak juga banyak dirubah jadi daya, tidakmenumpuk pada tubuh. Anda pun bertambah bertenaga untuk olahraga. 

2. Meningkatkan massa otot 

Buat Anda yang ingin membuat otot lewat olahraga, janganlah lupa konsumsi makanan berprotein tinggi seperti kedelai sebelum beraktivitas fisik. 

Satu riset yang menyertakan beberapa olahragawan pria temukan penambahan massa badan tanpa ada lemak. Sepanjang 9 minggu, beberapa olahragawan diberi 33 gr kacang kedelai waktu jalani training. 

Tidak hanya kedelai, mereka diberi whey protein jadi pembandingnya. Meskipun kedua-duanya tunjukkan hasil yang sama, kedelai mempunyai faedah penambahan, yakni memberi anti-oksidan buat beberapa peserta. 

Oleh karenanya, benar-benar dianjurkan untuk makan makanan ringan kedelai sebelum olahraga. Diluar itu, upayakan untuk mengkonsumsinya 2-3 jam sebelum beraktivitas fisik. Ini agar Anda tidak sakit perut atau mual sebab olahraga setelah makan. 

2. Sumber daya yang tidak membuat gemuk 

Faedah ngemil kedelai sebelum olahraga yang lain yakni menolong turunkan atau jaga berat tubuh. 

Ini karena kedelai masuk dalam kelompok makanan dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Berita baiknya, makanan dengan kandungan IG yang rendah menolong Anda turunkan berat tubuh. 

Seperti yang dikutip dari Mayoclinic, satu riset tunjukkan jika berlangsung penurunan berat tubuh pada beberapa orang yang jalani diet IG yang rendah yakni pada tenggang 1-55. 

Nah, sebab kedelai terhitung dalam kelompok IG yang rendah (seputar 16-34), Anda dapat memilihnya jadi pengisi daya sebelum olahraga yang tidak membuat gemuk. Bila Anda ingin jaga atau turunkan berat tubuh, benar-benar dianjurkan untuk merubah skema makan dan lakukan olahraga supaya kedua-duanya imbang. 

3. Tingkatkan perform olahraga 

Kandungan isoflavon yang ada di kedelai nyatanya dapat meningkatkan perform Anda waktu olahraga. Zat ini menghasilkan anti-oksidan yang nanti percepat proses pemulihan sel serta kurangi rasa ngilu dan peradangan otot. Oleh karenanya, konsumsi kedelai sebelum olahraga bisa saja langkah bijak untuk menolong peranan otot. 

Selain itu, ngemil kedelai sebelum olahraga menyiapkan sumber daya yang cukup dari kandungan karbohidrat dan protein. Dengan daya yang cukup, badan juga dapat olahraga lebih optimal. 

4. Menolong lancarkan saluran darah 

Saat olahraga, badan membutuhkan saluran darah yang lancar supaya tiap organ dapat berperan secara baik. Berita baiknya, kedelai salah satu sumber pangan yang memiliki kandungan arginine. Arginine ialah asam amino, yakni pembentuk protein, yang punyai manfaat penting dalam lancarkan saluran darah. 

Karenanya, ngemil kedelai sebelum olahraga bisa menolong memberi dukungan perputaran darah ke semua anggota badan, contohnya otak, otot, jantung, serta paru-paru. 

Nah, bagaimana? Sesudah tahu apa faedah ngemil kedelai sebelum olahraga, coba untuk ganti cemilan Anda dengan kedelai. Tidak hanya sehat, ganti protein hewani dengan kacang-kacangan bukan hal yang jelek.

Belum ada Komentar untuk "Kedelai Cemilan yang Baik Sebelum Olahraga, Berikut Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel