6 Kuliner Khas Blitar yang Wajib Anda Coba


Blitar merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Timur. Kota ini juga yang menjadi tempat kelahiran dan tempat peristirahatan terakhir dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Ada banyak destinasi wisata yang mengagumkan yang bisa Anda kunjungi, mulai dari pantai, bukit, hingga wisata sejarah. Untuk Anda yang butuh liburan, Anda bisa membeli tiket kereta Jakarta Blitar dan nikmati berlibur di kota ini.
 

Kuliner Khas Blitar

Tidak hanya memiliki destinasi wisata yang mengagumkan, kota ini juga memiliki ragam kuliner yang memanjakan lidah. Berikut ini adalah rekomendasi kuliner khas Blitar yang wajib Anda coba saat mengunjungi kota ini.
 

1. Rujak petis

Rujak petis merupakan salah satu kuliner khas suster yang patut Anda coba. Makanan ini terbuat dari kacang rujak, petis, dan bumbu lainnya yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan sayuran dan nasi. Anda bisa menambahkan kerupuk, tempe, atau lauk pauk lainnya sebagai teman bersantap.
 
Sekilas rujak petis ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan rujak cingur khas Surabaya. Bedanya, rujak petis tidak ada tambahan cingur di dalamnya. Cingur sendiri merupakan sebutan untuk mulut sapi. Warung Rujak Petis Ngagong menjadi salah satu warung dengan rujak petis terenak yang bisa Anda coba.
 

2. Tahu bumbu

Ada juga kuliner tahu bumbu. Apa itu? Tahu bumbu merupakan makanan berupa tahu yang digoreng setengah matang dan dicampur dengan sambal kecap, petis, tauge, dan lontong. Setelah perjalanan panjang dengan tiket kereta Jakarta Blitar, tahu bumbu ini bisa menjadi kuliner yang pas untuk perut lapar Anda dengan cita rasa pedas manisnya.
 

3. Es drop

Es drop merupakan jajanan es krim jadul khas Blitar. Bentuknya hampir mirip dengan es lilin namun dengan bentuk tabung. Es drop terbuat dari santan dan gula jawa. Es ini menggunakan kertas sebagai pembungkusnya.
 
Salah satu es drop yang terkenal di Kota Blitar adalah Es Drop Cap Burung Betet. Ada banyak rasa yang tersedia, mulai dari rasa original, rasa susu, coklat, hingga rasa buah.
 

4. Es pleret

Jika Anda ke Blitar, Anda harus mencoba minuman yang satu ini, yaitu es pleret. Es pleret merupakan minuman khas Blitar yang hampir mirip dengan es cendol dawet. Bedanya, es pleret memiliki tambahan berupa pleret, yaitu semacam boba dengan kearifan lokal terbuat dari tepung beras dan berwarna-warni.
 
Es pleret ini cocok dinikmati saat cuaca terik dan panas. Setelah seharian menjelajah kota Blitar, semangkuk es pleret bisa mengusir dahaga Anda. Es Pleret Kebon Rojo merupakan salah satu kedai es pleret terkenal di kota ini.
 

5. Tewel

Pernah mendengar makanan tewel? Tewel merupakan sayuran yang terbuat dari nangka muda dengan kuah santan yang kental. Cita rasanya yang pedas membuat tewel semakin nikmat disantap. Anda bisa menikmati tewel dengan nasi hangat dan lauk pauk. Salah satu warung di Blitar yang terkenal dengan hidangan tewelnya adalah Warung Mbah Martumi.
 

6. Pecel khas blitar

Anda tentu sudah familiar dengan makanan pecel. Blitar menjadi salah satu kota yang khas dengan nasi pecelnya. Jauh-jauh ke Blitar dengan tiket kereta Jakarta Blitar hanya untuk menikmati pecel? Kenapa tidak?
 
Pecel di Blitar mungkin tidak setenar pecel madiun. Namun cita rasanya bisa diadu. Pecel menjadi salah satu menu Andalan untuk sarapan. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa mampir di Warung Pecel Mbok Bari.
 
Nah itulah 6 kuliner di Blitar yang wajib Anda coba kita mengunjungi kota di provinsi Jawa Timur ini. Perjalanan panjang dengan tiket kereta Jakarta Blitar akan sebanding dengan Cita Rasa kuliner-kuliner khas kota Blitar.

Belum ada Komentar untuk "6 Kuliner Khas Blitar yang Wajib Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel