Periode Menstruasi Terlewat, Ketahui 5 Tanda Kehamilan Ini!

Foto dari Canva Pro
 
Perencanaan kehamilan harus dibicarakan dengan pasangan agar masa kehamilan dan melahirkan bisa berjalan lancar. Apalagi wanita yang memiliki periode menstruasi yang tidak teratur, wajib memperhatikan kalender masa haid dengan baik. Jangan sampai Anda tidak mengetahui tanda-tanda hamil karena memiliki ciri yang hampir sama dengan pra menstruasi. Tak heran kalau banyak wanita yang terkadang salah mengartikan awal kehamilan sebagai menstruasi biasa.
 

Tanda kehamilan yang bisa dipercaya

Pada minggu pertama, Anda mungkin akan mengalami ciri kehamilan yang mirip tanda menstruasi, misalnya kembung, mual, jerawat, sakit kepala, kram perut, konstipasi, dan lain-lain. Hanya saja ada tanda-tanda hamil seiring peningkatan hormon tubuh yang bisa Anda jadikan patokan seperti kelelahan, kecemasan, perubahan libido dan suasana hati.
 
Berikut tanda kehamilan yang diakibatkan peningkatan hormon kehamilan :
 

1. Membenci makanan atau minuman tertentu

Ciri kehamilan yang umum terjadi adalah Anda bisa membenci makanan atau minuman tertentu. Misalnya Anda suka sekali makan nasi goreng, mendadak benci sekali pada jenis makanan tersebut.
 

2. Mengalami mual tanpa muntah

Tanda yang bisa Anda kenali sejak awal masa kehamilan adalah mual tanpa muntah. Anda merasakan sensasi tidak nyaman pada perut, namun tidak bisa memuntahkannya.
 

3. Memiliki peningkatan sensitivitas pada bau

Wanita yang mengalami masa ngidam atau awal kehamilan bisa merasa pusing akibat mencium aroma tertentu. Anda bisa merasa mual dan pusing saat mencium aroma parfum pasangan, bumbu masak atau bau tertentu. Jika melewatkan periode menstruasi dan mengalami peningkatan sensitivitas terhadap bau, sebaiknya Anda mengecek kehamilan mandiri atau ke klinik terkait.
 

4. Mengalami refleks muntah yang cukup kuat

Refleks muntah sangat kuat terjadi saat Anda mengkonsumsi makanan tertentu atau menyikat gigi. Jika belakangan Anda ingin muntah saat menyikat gigi, coba cek kalender masa subur. Siapa tahu Anda memang melewatkan periode menstruasi dan hamil, lho!
 

5. Keinginan tidur lebih lama

Tanda kehamilan yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah adalah Anda merasakan sesuatu yang berbeda dan tidak normal. Misalnya Anda ingin melakukan tidur lebih lama atau kehilangan semangat dalam melakukan aktivitas rutin biasa.
 
Jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya segera melakukan tes kehamilan di rumah. Seorang calon ibu yang mempersiapkan kehamilan bisa menjaga kesehatan janin yang dikandung sejak dini. Waspadai risiko masa kehamilan awal Anda terlewat karena periode menstruasi yang tidak teratur, ya!
 
Selain itu, Anda juga harus tahu tanda kehamilan yang berbahaya agar bisa mengantisipasi risiko kesehatan lebih buruk.
 
Beberapa tanda kehamilan yang membahayakan kesehatan diri dan janin yang dikandung antara lain pendarahan pada vagina, alami kontraksi hebat sebelum masa bersalin tiba, mual dan muntah terus menerus, janin tidak bergerak aktif dalam kandungan, rasa nyeri saat buang air kecil, sakit kepala disertai gangguan penglihatan, dan tubuh bengkak serta hipertensi. Risiko preeklamsia yang membahayakan kesehatan ibu hamil bisa dicegah sedini mungkin dengan pemeriksaan dan penanganan dokter.
 
Jika mengalami tanda-tanda hamil yang membahayakan kesehatan di atas, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter kandungan. Dapatkan informasi terkait pemeriksaan ke dokter kandungan terpercaya di sekitar rumah Anda.
 
Pada masa pandemi, booking jadwal bertemu dokter lebih disarankan daripada mengantri di klinik atau rumah sakit meski menerapkan protokol kesehatan. Yuk, konsultasikan kesehatan diri dan janin dalam kandungan Anda secara berkala lewat aplikasi Halodoc yang praktis sekarang juga!

Belum ada Komentar untuk "Periode Menstruasi Terlewat, Ketahui 5 Tanda Kehamilan Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel